Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Direktur RSUD Muara Teweh Sebut Pembangunan Gedung Perawatan Covid-19 Inovasi Membanggakan

  • Oleh Ramadani
  • 22 Desember 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara drg Dwi Agus Setijowati mengatakan bahwa pembangunan gedung ruang perawatan Covid-19 merupakan inovasi yang membanggakan bagi jajaran RSUD Muara Teweh.

“Karena dengan adanya gedung baru ini yang nantinya akan diperuntukan bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 yang tanpa gejala. Hal ini sesuai dengan pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang diterbitkan oleh Kemenkes,” kata drg Dwi Agus, Selasa, 22 Desember 2020.

Dia menuturkan, untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala dilakukan isolasi mandiri atau ditempatkan di ruang isolasi yang disediakan oleh pemerintah. Di beberapa daerah lain banyak pemerintah daerahnya yang menyewa hotel untuk menampung pasien terkonfirmasi Covid-19 yang tanpa gejala.

Sedangkan pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara bukan menyewa hotel, tapi justru membangun gedung perawatan Covid-19. “Sungguh luar biasa dan patut kita apresiasi,” kata dia.

Lebih lanjut Dwi Agus menjelaskan bahwa untuk kesiapan operasional penggunaan gedung baru ini yang rencananya awal Januari 2021 nanti, pihak RSUD telah menyiapkan sarana dan prasarananya.

Adapun sarana dan prasarana yang telah disiapkan berupa bed atau tempat tidur dan kelengkapannya seperti matras, tiang infus bed, pagar bed, tiang infus beroda serta bedside cabinet masing-masing 50 unit.

Kemudian hepa filter udara sebanyak 6 (enam) unit dan UV Lamp (lampu  pensteril ruangan) sebanyak 2 (dua) unit dan kelengkapan lainnya. 

“Untuk tenaga perawat yang akan mengelola ruangan ini terdiri dari 42 personel yang akan dibagi menjadi 3 (tiga) pos jaga,” katanya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru