Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Dokter RSUD dr Soetomo Cek Sarpas Operasi Pemisahan Kembar Siam di RSUD Sultan Imanuddin

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Desember 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk operasi pemisahan bayi kembar siam, Muhammad Abdullah dan Muhammad Ibrahim di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Rabu, 23 Desember 2020. Dari hasil pantauan, pihaknya optimis operasi tersebut bisa dilakukan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Pasca-mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun sekitar pukul 13.30 WIB, tim yang terdiri atas dua dokter anggota Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu yaitu dr Mahrus A Rahman dan dr Heroe Soebroto serta Tim Kamar Operasi Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu, Budi Setiawan langsung bergerak ke RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Selanjutnya, mengecek kondisi balita kembar siam yang lahir di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 4 Januari 2020.

Menurut Heroe Soebroto, berdasarkan hasil visitasi atau pengecekan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dari segi sarana dan prasarana sudah bisa untuk melakukan operasi.

"Hanya beberapa sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi. Contohnya diperlukan ruang ICU khusus untuk menangani pasien pasca-operasi pemisahan," jelas Heroe Soebroto.

Dia menambahkan, pihaknya sangat menginginkan operasi pemisahan kembar siam tersebut dilakukan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

"Tentunya kami ingin adanya transfer pengetahuan dan tekhnologi proses operasi pemisahan kembar siam pada rekan sejawat di berbagai daerah," tutur Heroe Soebroto. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru