Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelapa Sawit Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Desember 2020 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Edi Wibowo mengatakan selama pandemi Covid-19 ini, sektor kelapa sawit tetap menjadi penyumbang terbesar bagi Indonesia.

"Selama masa pandemi, kelapa sawit tetap jadi penyumbang devisa terbesar dengan total 13 miliar USD," kata Edi dalam kegiatan Digitalks Sawit Indonesia Timur.

Namun, lanjutnya, sejak beberapa tahun terakhir, kelapa sawit masih saja dituduh sebagai komoditas penuh mudharat dari aspek kesehatan, sosial, ekonomi, dan lingkungan.

"Bahkan, di tengah masifnya pandemi Covid-19 di Indonesia, isu negatif terkait kebakaran hutan dan lahan yang sebelumnya pernah diangkat tahun 2013 silam, kembali ditayangkan sehingga berakibat timbulnya perspektif tanpa fakta empiris dari sejumlah kalangan," jelasnya.

Tantangan terbesar dari industri kelapa sawit memang masih mengenai isu negatif yang menghantam dalam negeri. Seperti penyebab hilangnya hutan tropis, kebakaran hutan, kesehatan dan lain sebagainya.

"Tentunya ini perlu dan penting diluruskan terus memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat tentang fakta sebenarnya industri kelapa sawit," tutur Edi lagi.

Tidak hanya mendapatkan tekanan dari luar negeri, menurut Edi, kelapa sawit juga diserang dari dalam negeri oleh LSM anti sawit. Maraknya atribut negatif yang dilekatkan terhadap kelapa sawit tentu sebagai akibat dari isu-isu yang tidak berdasarkan fakta objektif.

"Dampak dari penyebaran isu tersebut yakni munculnya persepsi negatif dari masyarakat, baik secara domestik maupun global," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru