Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelapa Sawit Hidupkan Masyarakat Sekitar, ini Kesaksian Tokoh Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Desember 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pastor Felix Amias MSC, selaku tokoh masyarakat dan saksi hidup yang tinggal langsung di lingkungan kelapa sawit di daerah Merauke memberikan kesaksian kelapa sawit dapat tumbuh dan menghidupkan masyarakat sekitar.

"Banyak perubahan baik yang dirasakan ketika industri pertama kali tumbuh di Merauke, khususnya ketika perusahaan industri kelapa sawit mulai berkembang di tanah papua. Dimulai dari sistem transportasi yang mulai terbentuk, tingkat sosialisasi warga papua dengan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah dan pendidikan yang terbangun," kata Felix dalam Digitalks Sawit Indonesia Timur.

Banyak hal yang harus diluruskan ketika black campaign menimpa Indonesia terkait industri kelapa sawit, khususnya ketika kasus kebakaran hutan mencuat.

"Misinformasi dan ketidakpahaman masyarakat tentang kelapa sawit, yakni sekitar pemanfaatan dana CSR untuk memberdayakan masyarakat dan fungsi aparatur negara dalam menjaga lingkungan sekitar untuk kelangsungan industri," tambah Felix.

Selama ini, menurut Felix tidak tepatnya narasumber banyak menimbulkan mispersepsi di masyarakat. Sehingga masyarakat kurang teredukasi dengan baik tentang hal tersebut.

"Narasumber yang dipilih untuk menjelaskan fakta yang terjadi di lapangan terkadang tidak memberikan data yang akurat dalam menyebarkan informasi, sehingga tidak membantu masyarakat dalam memperoleh informasi untuk mengembangkan pengetahuan seputar industri kelapa sawit," tegas Felix.

Menyebarnya informasi negatif tentang sawit di platform media massa dan media sosial, menjadi benang merah yang perlu segera diputihkan. Tak dapat dimungkiri, generasi milenial dan generasi Z sebagai penghuni dominan media sosial, masih terjebak dalam informasi-informasi fiktif yang dapat merusak citra industri perkebunan kelapa sawit nasional. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru