Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Buka Layanan Rapid Test Antigen

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Desember 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah membuka atau melayani pemeriksaan rapid test antigen-Swab Sars CoV-2.

Hal itu dilakukan untuk melayani kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Kabupaten Kapuas dan sekitarnya, karenanya sejak 22 Desember 2020, RSUD Kapuas melayani rapid test antigen, bertempat di gedung Instalasi laboratorium RSUD setempat.

Kepala Ruang Instalasi Laboratorium RSUD Kapuas Dwi Widjajanti, menjelaskan bahwa demi menjamin keamanannya, pemeriksaan rapid test antibodi harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi, berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan serta menggunakan standar operasional yang diyakini oleh tenaga kesehatan.

”Adapun rumah sakit kita sudah memiliki tenaga medik yaitu dr. Satria Ramli, sebagai dokter penanggung jawab pelayanan laboratorium,” kata Dwi, Kamis 24 Desember 2020.

Ia menjelaskan syarat untuk mendapatkan pelayanan tersebut, yakni dilakukan pengambilan sampel pada pukul 10.00 WIB - 10.30 WIB setiap hari kerja.


Dengan persyaratan fotokopi KTP / Kartu Keluarga (satu lembar), dan untuk tarif atau biaya Rp. 275 ribu dan hasil dapat diambil pada pukul 15.00 WIB. Untuk sementara waktu maksimal hanya melayani 25 orang per hari sesuai dengan kapasitas.

Untuk tarif sendiri sesuai dengan Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat menetapkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab sebesar Rp 250 ribu untuk Pulau Jawa, dan Rp 275 ribu untuk di luar Pulau Jawa.

"Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran No HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020," jelasnya.

“Semoga dengan adanya tambahan jenis pelayanan ini dapat membantu masyarakat, terutama di Kabupaten Kapuas dan sekitarnya sehingga dapat memperoleh keamanan dan kemudahan dalam mendapatkan kepastian hasil pemeriksaan kesehatan dan menjalankan aktivitas pekerjaan yang penting atau tidak dapat ditunda,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru