Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Menteri BUMN Erick Thohir Bantu UMKM pada 2020

  • Oleh ANTARA
  • 27 Desember 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Menteri BUMN Erick Thohir berupaya keras membantu sektor UMKM yang sangat terdampak pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020.

Dukungan dan bantuan tersebut terlihat mulai dari penyaluran program kemitraan BUMN bagi UMKM sampai dengan pembukaan akses pasar internasional.

Erick Thohir menilai pemulihan UMKM menjadi kunci sukses dalam rangka pemulihan serta memulai kembali (restart) perekonomian nasional.

Kementerian BUMN mencatat penyaluran bagi UMKM melalui program kemitraan selama Semester I tahun ini mencapai Rp563 miliar.

Penyaluran dana program kemitraan selama semester I tersebut mencakup 12.218 UMKM mitra binaan.

Transformasi Sarinah, gandeng Kemenkop UKM
Upaya Menteri BUMN Erick Thohir dalam membantu UMKM di masa pandemi Covid-19 dimulai dari perombakan Sarinah untuk fokus memasarkan produk UMKM.

Diharapkan Sarinah akan menjelma menjadi pusat perbelanjaan komunitas yang kekinian, khas Indonesia dan menjadi pusat UMKM unggul terutama pada sektor ekonomi kreatif nasional khususnya produk dan brand kulier, gaya hidup serta produk berbasis pada keaneka-ragaman seni, budaya Indonesia.

Transformasi bisnis dan brand Sarinah didasari pada khitah Sarinah sebagai Pusat Perbelanjaan modern di zamannya yang merupakan wujud keberpihakan kepada ekonomi kerakyatan menuju kemandirian atau yang dulu dikenal dengan berdikari.

Transformasi bisnis dan brand Sarinah tidak menghilangkan orientasi dan eksitensinya yang dicetuskan dan digemakan oleh Bung Karno tersebut, namun perlu dipersembahkan dengan semangat kekinian, memanfaatkan trend produk lokal yang semakin meningkat, dan yang penting adalah appealing atau memikat pelanggan, dan pengunjung masa kini dan mendatang.

Seiring upaya transformasi Sarinah untuk fokus pada UMKM, Kementerian BUMN juga menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), khususnya SMESCO dalam hal pelatihan atau coaching pelaku UMKM.

Berita Terbaru