Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KKN Mahasiswa UNTAG Surabaya: Pengembangan UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19

  • Oleh Jurnalis Warga
  • 27 Desember 2020 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejumlah Mahasiswa UNTAG Surabaya mengadakan kegiatan KKN mandiri. Acara itu dilaksanakan selama dua pekan. Karena situasi pandemi maka kegiatan tersebut dilakukan di domisili masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ananda Putri Miranti, merupakan salah seorang mahasiswi UNTAG Surabaya Fakultas Eonomi dan Bisnis yang mengikuti KKN tersebut. Ia terjun  langsung membantu masyarakat Desa Sungai Pakit RT. 011 RW. 003 Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat. Dalam kuliah kerja nyata Putri didampingi dosen pembimbing Drs, Achmad Maqsudi., M.Si., Ak., CA.

KKN dilaksanakan di salah satu usaha warga Sungai Pakit, bernama Trhill. Ia merupakan  pemilik usaha Pisang Keju Rasa-rasa. Adapun beberapa kegiatan KKN yang dilakukan dengan bertemakan Pengembangan UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 adalah seperti, pembuatan spanduk dan stiker promosi, pembuatan tempat cuci tangan yang sangat penting dengan harapan dapat menambah kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan, memfasilitasi pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya dengan memberikan ide menu baru yang mudah dibuat dan membagikan masker kepada para pelanggan yang datang.

Dalam KKN ini, Putri memberikan ide contoh menu baru yang diberi nama “Pisang Keju Roll Rasa-Rasa” untuk pemilik usaha agar dapat memberikan gambaran produk baru yang nantinya bisa di buat oleh pemilik usaha. Selain itu masih banyak sekali ditemukan masyarakat sekitar yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti, tidak memakai masker, duduk bersebelahan dengan tidak memperhatikan jarak aman pada saat datang kewarung. 

“Walaupun demikian saya tetap memfokuskan kegiatan KKN saya dalam membantu  mengembangkan perekonomian warga yang ada di desa dengan membuat tempat cuci tangan dan membagikan masker kepada para pelanggan, saya harap agar masyarakat lebih sadar akan protokol kesehatan,” tutur Putri sapaan mahasiswi Untag itu, Minggu, 27 Desember 2020.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif ketua RT. 011 yang ikut membantu menyediakan bahan, seperti kayu yang telah dijadikan tempat cuci tangan. Harapan yang di dapat dari kegiatan KKN ini adalah agar para pelanggan yang datang kewarung dan masyarakat lebih tertib dalam mematuhi protokol kesehatan. 

“Saya senang dengan adanya bantuan langsung dari mahasiswa, dengan ikut membantu perekonomian warga desa dan tidak lupa tetap mematuhi protokol. Saya juga sangat berterimakasih dengan kegiatan membagikan masker kepada pelanggan warung, semoga saja dengan adanya kegiatan itu masyarakat lebih sadar akan pentingnya protokol,” tutur Adib selaku ketua RT. 011. 

#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#EcoCampus
#KampusKompeten
 

Berita Terbaru