Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Terus Dorong Masyarakat Jadi Wirausahawan

  • Oleh Ramadani
  • 28 Desember 2020 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop dan UKM) Barito Utara M Mastur mengatakan bahwa Pemkab Barito Utara terus mendorong dan memotivasi masyarakat perorangan maupun kelompok, koperasi, usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneurship atau wirausahawan, salah satu program berbasis pada kompetensi sumber daya manusia.

“Hal itu dilakukan cara menciptakan dan mengembangkan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (WBTKM),” terang M Mastur pada kegiatan penciptaan WBTKM bagi pengurus Fatayat NU Barito Utara di aula MTsN Muara Teweh, Senin 28 Desember 2020.

Menurutnya, melalui WBTKM ini diharapkan mampu mencetak wirausaha-wirausaha pemula, kreatif dan mandiri serta mampu memanfaatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi (IT).

“Misalnya menjadi wirausaha online dengan belanja online, pemasaran produk online dan bisnis ini sangat diperlukan dan dibutuhkan di kondisi pandemi Covid-19,” kata Mastur.

Disamping itu, Mastur juga mengatakan bangsa kita bahkan dunia masih dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, yang mana situasi dan kondisi ini memberikan dampak yang cukup komplik, bagik terhadap perkembangan sosial ekonomi maupun tatanan kehidupan sehari-hari.

Dengan ikut terdampaknya ekonomi masyarakat, kata dia,  pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten telah melakukan upaya atau langkah-langkah strategis untuk bersama-sama mengantisipasi, mengendalikan dan mengatasi situasi dan kondisi dampak pandemi Covid-19.

“Salah satunya adalah melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal ini selaras dengan Visi pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara yakni ”Terwujudnya Masyarakat Barito Utara yang Religius, Mandiri dan Sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan,” kata Mastur.

Serta, kata dia, Misi ke 3 pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara, yakni peningkatan ekonomi masyarakat dengan tujuan meningkatnya pertumbuhan dan pemerataan ekonomi dengan beberapa sasaran, diantaranya meningkatnya daya beli masyarakat, meningkatnya sektor koperasi, usaha kecil, perdagangan dan industri serta meningkatnya daya saing tenaga kerja. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru