Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Pemerintah Harus Tegas kepada Perusahaan yang Garap Lahan Sembarangan

  • Oleh Naco
  • 30 Desember 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur, M Abadi meminta agar Pemkab Kotim tegas kepada oknum perusahaan yang sembarangan menggarap lahan.

Disebutkan Abadi, harus ada formulasi dari pemerintah kabupaten buntuk mengakhiri  penggarapan lahan milik masyarakat oleh oknum investor.

Selama ini dia menilai masyarakat selalu jadi korban akibat kehadiran investasi yang tidak melihat sisi kemanusiaan di daerah ini.

"Saya paling prihatin di mana ada kebun yang isinya tanaman karet, rotan dan buah - buahan, digarap dan dibuang dengan alat berat sementara si pemilik tidak pernah menerima ganti rugi sama sekali. Makanya ini penjajahan model apalagi terhadap waga kita,” kata Abadi, Rabu, 30 Desember 2020.

Padahal pemilik lahan itu telah menguasai tanah tersebut secara turun - temurun. Akibat penyerobotan itu warga tersebut harus kehilangan sumber mata pencarian seperti berladang berkebun dan lain-lainya.

Abadi sangat menyayangkan olah investor demikian. Disinyalir itu terjadi karena investor yang tidak paham dengan kultur dan tidak memiliki hubungan baik dengan masyarakat sekitarnya.

Seharusnya dalam berinvestasi itu PBS mesti mengacu kepada Keputusan Menteri Pertanian Nomor 357/Kpts/Hk.350/5/2002 Tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan. (NACO/B-6)

Berita Terbaru