Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suhu Tubuh Tinggi, 9 Orang Jalani Rapid Test Saat Operasi Yustisi di Perbatasan Kalteng - Kalsel

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Desember 2020 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 9 pengguna jalan yang melintas di perbatasan Kalimantan Tengah - Kalimantan Selatan harus menjalani rapid test karena suhu tubuhnya melampaui 37 derajat celsius.

"Dalam beberapa hari terakhir kami melaksanakan operasi yustisi covid-19 sekaligus rapid test bekerjasama dengan Puskesmas terdekat," ungkap Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra saat memimpin operasi yustisi covid-19, Rabu, 30 Desember 2020.

Dalam operasi ini petugas memberikan sanksi sosial kepada pelanggar protokol kesehatan yang tidak mengenakan masker yaitu berupa kewajiban mengenakan rompi khusus pelanggar protokol kesehatan sambil menyapu area sekitar pelaksanaan operasi.

Sedangkan pengguna jalan dengan suhu tubuh tinggi dan hasil rapid test reaktif, disarankan untuk melanjutkan swab test.

"Kalau dia ingin melakukan sesuatu swab test di Barito Timur maka kami akan mendampingi untuk melakukan swab test, namun jika pengguna jalan tersebut ingin melakukan suatu swab test di wilayah Kalimantan Selatan maka kami akan mengarahkan untuk kembali ke tempatnya," jelasnya.

Dia menjelaskan 9 orang yang menjalani rapid test pada operasi yustisi di Bundaran Pasar Panas hari ini semua hasilnya non reaktif.

Pada kegiatan yang sama, lanjut mantan penyidik KPK ini, sebanyak 45 orang pelanggar protokol kesehatan terjaring operasi dan dikenai sanksi sosial. Petugas juga membagikan masker dan vitamin gratis kepada pelanggar protokol kesehatan.

"Tujuan operasi yustisi ini untuk melindungi masyarakat dari penularan covid-19 terutama masyarakat Barito Timur," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru