Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tantangan Mahasiswa Belajar di Masa Pandemi

  • Oleh Penulis Opini
  • 04 Januari 2021 - 10:10 WIB

WABAH COVID-19 belum juga berakhir. Berbagai kebijakan dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Salah satunya dengan menerapkan social distancing yang telah diterapkan sejak Maret yang lalu. Social distancing dinilai efektif untuk memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19.

Beberapa perusahaan, sekolah, bahkan perguruan tinggi telah menerapkan metode belajar online. Work from home, pendidikan jarak jauh, dan kuliah daring menjadi istilah yang sedang ramai diperbincangkan media.

Kebijakan dari setiap perguruan tinggi telah mengeluarkan surat edaran rektor dengan mengganti metode pembelajaran menjadi online. Tujuannya agar mahasiswa tetap dapat melakukan kegiatan perkuliahan meskipun tidak bertatap muka langsung . Namun perlu diingat bahwa tujuan pembelajaran adalah mentransfer ilmu dari dosen ke mahasiswa sehingga mahasiswa memahami apa yang diberikan oleh dosen, yang semula tidak tahu menjadi tahu.

Tujuan mahasiswa dalam pembelajaran adalah memahami ilmu kemudian menerapkan , bukan hanya nilai yang diburu. Sayangnya, tidak semua dosen memahami betul bagaimana dan apa yang dimaksudkan dengan kuliah online. Padahal yang dimaksudkan dengan sistem kuliah online sendiri yaitu sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio, atau tulisan oleh pihak akademi/universitas.

Pada kenyataanya saat praktik di lapangan bisa jadi bukanlah seperti yang diuraikan seperti penjelasan di atas, akan tetapi justru sebagai ajang dosen untuk memberikan tugas bagi mahasiswa, dengan kata lain dapat dikatakan bukanlah kuliah online yang terjadi tapi tugas online.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi coba kita bayangkan apabila setiap dosen menerapkan sistem yang sedemikian rupa, menggantikan materi tatap muka dengan tugas yang cukup banyak dengan waktu yang terbatas tidak menutup kemungkinan mahasiswa akan kewalahan dan proses pembelajaran menjadi tidak maksimal.

Tidak sedikit mahasiswa yang mengeluhkan dan menyayangkan hal tersebut. Pasalnya banyak kendala yang mereka temui tatkala menggunakan sistem online, seperti gangguan pada jaringan internet, kuota atau paket data yang digunakan, terhambatnya program kerja pada organisasi mahasiswa, dan keterbatasan komunikasi antara dosen dan mahasiswa.

Sebenarnya metode yang paling efektif tetaplah perkuliahan face to face secara langsung. Akan tetapi jika wabah sudah memasuki jenjang pandemi maka jenis keefektivan metode perkuliahan sudah bukan lagi menjadi suatu masalah utama, yang terpenting adalah keselamatan orang banyak dan bentuk pertanggung jawaban dari pihak akademika terhadap berjalannya proses perkuliahan. Sistem kuliah saat ini hanya menjadi alternatif, bukan cara regular dan perlu dievaluasi keberlanjutannya. Di sisi lain memang ada kelebihannya dan itu yang harus diadopsi.

Penulis: Honey Savira/Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
 

Berita Terbaru