Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong BKSDA dan Pemkab Cari Solusi Tangani Serangan Buaya

  • Oleh Naco
  • 04 Januari 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur, M Abadi mendorong agar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan pemkab bisa mencari solusi untuk penanganan buaya pemangsa yang berkeliaran bebas di perairan Sungai Mentaya.

Abadi mendorong agar peran BKSDA di-back up pemerintah kabupaten, untuk segera mencari solusi agar teror buaya-buaya pemangsa ini bisa diatasi. 

"Apakah itu dilakukan penangkapan atau sejenisnya. Karena bagaimanapun  masyarakat di daerah bentaran sungai ini selalu hidup dalam ancaman dan kecemasan,” kata Abadi, Senin, 4 Januari 2021

Dia menyebutkan, peran pemerintah kabupaten bersama dengan BKSDA untuk menghadapi buaya pemangsa ini sangat penting.

“Ini harus di-back up pemerintah kabupaten. Karena kejadiannya bukan sekali dua. Ini sudah banyak korban, sudah sering dan awal tahun saja sudah begini. Kemarin sebelumnya ada anak-anak, kini orang dewasa lagi,” tukasnya.

Abadi menduga mengganasanya buaya muara ini seiring munculnya kehilangan habitat aslinya. Mereka buaya banyak kehilangan makanan dan ekosistem yang sudah terlanjur rusak. 

Ia juga menyarankan agar masyarakat sementara waktu ini mengurangi aktivitas kegiatan di dalam sungai. Bahkan mewaspadai daerah-daerah yang kerap ditemui populasi buaya tersebut muncul.

"Harus dihindari dengan ganasnya predator karena ini menyangkut nyawa dan jiwa. Kalau bisa dipasang ring pengaman di daerah-daerah yang kerap terjadi serangan," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru