Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buang Sampah ke Sungai Bisa Mengundang Kedatangan Buaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Januari 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Mentaya atau anak sungai diminta agar tidak membuang sampah dan memelihara ternak di tepi sungai. Pasalnya, hal itu dapat mengundang kedatangan buaya. 

"Saya harap masyarakat jangan buang sampah ke sungai. Terutama sampah rumah tangga atau bekas perut ayam dan ikan. Karena baunya akan mengundang kedatangan buaya," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Senin, 4 Januari 2021. 

Dia menerangkan, selama ini habitat buaya di Kotim sudah terganggu. Satwa dilindungi itu lebih banyak mencari makan ke sekitaran pemukiman warga.

"Banyak buaya yang berada di sekitar permukiman warga karena sampah rumah tangga bisa menjadi makanannya," kata Muriansyah.

Selain itu, dirinya juga meminta agar warga tidak memelihara ternak di pinggir sungai. Karena tidak jarang juga menjadi incaran buaya tersebut. 

Dia juga meminta masyarakat agar selalu waspada dan mengurangi aktivitas di Sungai Mentaya. Karena dikhawatirkan menjadi korban serangan hewan buas tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru