Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Quick Respon Amankan Benda Mirip Badan Pesawat Air Asia, KSOP: KNKT Bakal ke Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Januari 2021 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya, Rabu, 6 Januari 2021 dua investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal tiba ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk mengecek secara langsung penemuan benda yang diduga serpihan badan pesawat yang ditemukan warga Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai di Pantai Teluk Ranggau, Senin, 4 Januari 2020.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Wahyu Prihanto, Selasa, 5 Januari 2021 mengatakan bahwa untuk memastikan apakah itu serpihan badan pesawat atau benda lain, tentunya yang berhak menyampaikannya adalah pihak KNKT.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, dua orang investigator KNKT yang datang ke Kobar yaitu Masruri dan Afif," jelas Wahyu Prihanto.

Menurut Wahyu Prihanto, pasca kedatangannya dan mengecek benda mirip serpihan badan pesawat tersebut, investigator akan melakukan penyelidikan awal untuk disampaikan pada KNKT.

"Nantinya benda tersebut akan diteliti oleh pihak KNKT, dibandingkan dengan data-data dari pesawat yang pernah mengalami crash dan lainnya. Sehingga bisa diambil kesimpulan apakah benar benda tersebut merupakan bagian badan pesawat dan dari pesawat apa," jelas Wahyu Prihanto.

Wahyu Prihanto menyampaikan, saat ini tim Quick Respon Gabungan dari TNI, Polri, Basarnas dan KSOP Kelas IV Kumai sedang menuju lokasi penemuan benda mirip serpihan badan pesawat.

"Di lokasi tim Quick Respon Gabungan melakukan pengambilan foto, video dan mengamankan benda tersebut agar tidak hanyut akibat terpaan ombak. Saat ini masih belum ada informasi terbaru, lantaran ketiadaan sinyal selular dilokasi penemuan benda tersebut," jelas Wahyu Prihanto. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru