Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudparpora Barito Timur akan Evaluasi Kerjasama Pengelolaan Rumah Betang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Januari 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur akan mengevaluasi kerjasama pengelolaan obyek wisata Rumah Betang atau Lewu Hante Pasar Panas oleh pihak ketiga.

Seperti diketahui obyek wisata tersebut disewa atau dikelola sepenuhnya selama satu tahun mulai bulan Maret 2020 oleh pihak ketiga. Dan biaya sewa telah disetorkan ke kas daerah sebagai PAD.

Namun sejak tempat itu disewa, hanya sempat beroperasi beberapa saat karena pandemi covid-19 yang mulai masuk Barito Timur pada awal April 2020, menyusul kemudian larangan pemerintah terhadap kegiatan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak.

Tidak beroperasinya kegiatan di kawasan Rumah Betang berdampak pada tidak terawatnya tempat itu serta mulai ditumbuhi rumput liar sehingga mendapatkan sorotan dan kritikan dari masyarakat.

"Kita turut prihatin karena usai tanda tangan kontrak kerjasama pas mulai pandemi covid-19 di Barito Timur. Sehingga usaha yang dikelola pihak ketiga tidak dapat beroperasi," plt Kepala Disbudparpora Barito Timur, Forty Rickyannou, Selasa, 5 Januari 2021.

Dia menjelaskan, kontrak sewa pihak ketiga tersebut akan berakhir dua bulan lagi. Sesuai dengan perjanjian, tanggung jawab pengelolaan kawasan tersebut berada sepenuhnya pada pihak mereka.

Namun dengan pertimbangan kondisi saat ini dimana usaha tersebut tidak dapat berjalan sejak awal kerjasama, maka Disbudparpora berencana untuk membantu merawat atau membersihkan kawasan tersebut.

"Sebenarnya tanggungjawab pengelolaan di mereka, tapi kita berempatilah kerena sekalipun usahanya tidak bisa jalan mereka telah berkontribusi bagi PAD. Kami akan berkoordinasi dengan mereka dan gotong royong untuk membersihkan kawasan Rumah Betang nanti hari Jumat," ungkap Forty. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru