Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim LAPAN Balai Pontianak Bakal Datang ke Kobar untuk Investigasi Temuan Serpihan Roket China

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Januari 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan datang ke Kabupaten Kobar pada Kamis, 7 Januari 2021, untuk melakukan investigasi terkait penemuan roket antariksa milik China National Space Agency (CNSA) yang ditemukan warga di Pantai Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada 4 Januari lalu.

Anggota Tim Lapan dari Balai Pontianak Kuncoro melalui layanan WhatsApp, Rabu, 6 Januari 2021 mengatakan, mereka akan berangkat dari Pontianak Kalimantan Barat melalui jalur darat.

"Estimasi kedatangan kami ke Kabupaten Kobar pada siang hari," ujar Kuncoro singkat.

Sebelumnya Tenaga Ahli Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Masruri dalam konferensi pers di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar mengatakan. investigasi lanjutan terhadap penemuan serpihan romet tersebut adalah pihak LAPAN.

Pasalnya, kejadian itu mrupakan penemuan benda jatuh dari angkasa yang bukan pesawat udara transportasi sipil maupun militer.

"Sehingga kewenangan investigasi adalah ranah pihak LAPAN. Selanjutnya pemeriksaan akan dilakukan LAPAN," jelas Masruri.

Dia mengatakan, saat ini seluruh benda temuan yang bisa diangkut sudah diamankan di Pos TNI AL Kumai.

"Tetapi serpihan roket yang berukuran besar masih berada di lokasi penemuan. Karena untuk menentukan kapan benda tersebut bisa diangkut ke Kumai, kita masih tunggu petunjuk dari Tim LAPAN," jelas Masruri. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru