Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Siap Menerima Vaksin Covid-19 Paling Awal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Januari 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyatakan kesediaannya untuk menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19.

"Saya siap disuntik vaksin paling awal bersama keluarga,” kata Ampera di Tamiang Layang, Rabu, 6 Januari 2021.

Kesiapan ini disampaikannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat sehingga tidak takut atau ragu saat tiba waktunya menerima suntikan vaksin covid-19. Hal itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap program vaksinasi massal.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan menetapkan vaksinasi covid-19-19 tahap pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan, petugas yang memastikan berjalannya protokol kesehatan, Polri, TNI, Satpol PP serta kelompok-kelompok yang masuk profesi pekerjaan berisiko.

“Program vaksinasi dilaksanakan secara bertahap dimulai pada awal tahun 2021 hingga 2022. Masyarakat yang sesuai kategorinya akan mendapatkan vaksin covid-19,” imbuh Ampera.

Meski program vaksinasi massal segera dimulai, Bupati Bartim tetap meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Jangan karena adanya vaksin covid-19 kemudian tidak atau enggan menerapkan protokol kesehatan. Itu keliru, yang benar tetap melaksanakan protokol kesehatan hingga ada pengumuman resmi dari pemerintah bahwa pandemi covid-19-19 berakhir,” tegas Ampera.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan atau PSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Teddy Taroreh mengungkapkan, pendistribusian vaksin covid-19 ke Kabupaten Barito Timur dari Palangka Raya akan dilakukan pada tanggal 12 Januari 2020.

"Jadwalnya tanggal 12 Januari berbarengan dengan Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya," ujar Teddy. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru