Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barbuk dari Temuan Roket Badan Antariksa Cina Diserahkan kepada Tim BPAA LAPAN Pontianak

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Januari 2021 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Barang bukti (barbuk) yang masih bisa dibawa tim gabungan yang mendatangi lokasi jatuhnya serpihan roket milik badan antariksa Cina yang ditemukan di Pantai Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diserahkan pada Tim Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pontianak yang datang di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis, 7 Januari 2021.

Penyerahan barbuk ini dilakukan oleh Komandan Pos TNI AL (Danpos AL) Kumai Letda Laut (P) Muhammad Soleh Rio Kusuma kepada Kepala BPAA LAPAN Pontianak Kuncoro Wisnu di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar yang juga disaksikan secara langsung oleh Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Nav Rudy Kurniawan.

Danpos AL menjelaskan apa saja barbuk yang diserahkan tersebut. "Hari ini secara resmi diserahkan barbuk yang rincianya yaitu lapisan kulit/ honeycom jumlah 2 potong, fiber pelapis honeycom 2 keping, kabel socket 4 buah, plug 2 buah, sparator/selenoid 2 buah, kabel, baut 6 buah, swimves, donning hazmat suit, belt dan ring," jelasnya.

Sedangkan serpihan besar yang ditemukan di Pantai Teluk Ranggau masih berada dilokasi sambil menunggu hasil keputusan lanjutan penanganan benda tersebut.

"Pastinya benda tersebut sudah diamankan agar tidak hanyut terbawa arus laut," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru