Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pertanian di Palangka Raya Serap Ratusan Tenaga Kerja Terdampak Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 08 Januari 2021 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya terus mengembangkan sejumlah program melalui sektor pertanian. Pada sektor ini, pemerintah mampu memberikan lapangan kerja baru bagi ratusan tenaga kerja yang terdampak Covid-19.

Sedikitnya ada 150 orang mendapat sumber penghasilan baru setelah di-PHK dari pekerjaan lama akibat pandemi covid-19. Pekerjaan itu didapatkan setelah pemko membuka sejumlah bidang pekerjaan di sektor pertanian.

Rinciannya, pada sektor budidaya sayuran konvensional ada 10 orang tenaga kerja, budidaya sayuran hidroponik 20 orang, dan budidaya jambu kristal terdapat tenaga kerja 30 orang.

Kemudian budidaya tanaman kelor berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 10 orang dan paling banyak menyerap tenaga kerja yakni sektor budidaya ayam broiler dengan total pekerja sebanyak 80 orang.

Total pekerja tetap pada sejumlah sektor itu juga ditambah dengan pekerja harian lepas pada kemitraan pembangunan kandang ayam sebanyak 10 orang.  Kemudian ada juga tukang kayu dan batu 70 orang.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, sektor pertanian terus dikembangkan karena mampu tumbuh positif meski sektor lainnya mengalami kontraksi akibat pandemi.

"Program pemulihan ekonomi yang dicangkan sejak 2020, tahun ini sudah membuahkan hasil. Pemerintah terus mengembangkan inovasi ini dengan harapan memberikan lebih banyak lagi manfaat bagi masyarakat," kata Fairid, Jumat 8 Januari 2021. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru