Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertanian, Perkebunan dan Perikanan Harus Diperkuat di Kotim

  • Oleh Naco
  • 09 Januari 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana sangat sepakat dengan upaya pemerintah kabupaten kedepannya memperkuat sektor perkebunan, perikanan dan pertanian.

Menurutnya untuk pertanian di wilayah selatan dan tengah banyak bergelut dengan usaha itu. Potensi yang luar biasa kini terus dikembangkan masyarakat untuk bertahan hidup.

Sementara bidang perkebunan karet dan rotan ini jumlahnya diperkirakan sekitar 50 ribu orang yang bergantung disektor itu termasuk sawit.

Sementara perikanan juga demikian, saat ini banyak masyarakat yang berusaha di sektor itu terutama mereka yang tinggal di wilayah pesisir.

Ke 3 sektor ini dianggap mampu untuk mempercapat perbaikan kondisi ekonomi masyarakat dan ekonomi di daerah secara umum di tengah gempuran pandemic Covid-19.

“Fomulasi penguatan ekonomi yang paling tepat itu dimulai dari  optimalisasi  sekaligus  pemberdayaan dari pemerintah kabupaten untuk usaha pertanian, perkebunan rakyat, perikanan, hingga kepada pemasarannya," ucapnya, Sabtu, 9 Januari 2021.

Dengan cara itu dirinya yakin bisa berjalan dengan cepat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemic Covid-19 ini.

Menurut Syahbana Pemerintah kabupaten harus melihat peluang semua kegiatan itu supaya  ekonomi yang terpuruk di tahun 2020 lalu bisa bangkit dengan akselerasi cepat. (NACO/B-6)

Berita Terbaru