Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator DPRD Kalteng Dorong Pemerintah Kembangkan Tanaman Kedelai

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Januari 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan sering terjadinya kelangkaan bahan baku tahu dan tempe yakni kedelai sehingga mengakibatkan kenaikan harga di Kalteng. Legislator DPRD Kalteng, Lohing Simon mendorong pemerintah setempat agar bisa mengembangkan tanaman kedelai.

Dia mengungkapkan, jika saat ini kebanyakan bahan pokok seperti salah satunya kedelai banyak didatangkan dari luar daerah.

"Secara umum saya menilai Kalteng memang belum siap untuk mengembangkan tanaman kedelai, meski demikian seharusnya pemerintah bisa mengupayakan pengembangannya di Kalteng, dengan memberdayakan SDM maupun lahan yang ada," ucap Ketua Komisi II DPRD ini. Senin, 11 Januari 2021.


Politikus PDIP ini mengatakan, hal itu perlu dilakukan, agar kebutuhan kedelai di Kalteng bisa terpenuhi dan tidak lagi perlu mendatangkan bahan pokok tersebut dari luar daerah.

"Karena kalau didatangkan dari luar daerah pasti ada biaya pengiriman atau sebagainya, sehingga mengakibatkan kenaikan harga jika sudah sampai di sini (Kalteng)," jelasnya.


Dia mengungkapkan, saat ini saja harga kedelai perkilonya mencapai Rp. 9.550 sedangkan sebelumnya harganya berkisaran Rp. 7.300, sehingga mengakibatkan harga tahu maupun tempe juga ikut naik.

"Jadi ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, agar semuanya bisa dikendalikan apalagi saat ini masa-masa sulit akibat buruk pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dimana ekonomi masyarakat melemah," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru