Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis PUPR Barito Utara Golkan Negosiasi Perbaikan Jalan Lahei - Luwe

  • Oleh Ramadani
  • 12 Januari 2021 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh Berita acara kesepakatan perbaikan Jalan Lintas Lahei-Luwe Kecamatan Lahei di Kabupaten Barito Utara melalui proses yang begitu panjang.

Tiga kali rapat dilaksanakan beberapa waktu lalu, tak ada keputusan signifikan. Jalan tersebut tetap rusak, sehingga muncul riak, karena warga menutup jalan Desa Luwe Hilir sebagai jalan alternatif.

 Terkait kerusakan dan betapa pentingnya Jalan Lintas Lahei-Luwe tergambar dari pernyataan seorang tokoh berpengaruh di Lahei dan Lahei Barat, Kamaruddin (71). Tokoh yang sering dipanggil Atak Donal ini menyatakan jalan ini sudah lama rusak. Pihak yang beratensi memperbaiki bisa dihitung dengan jari.

"Rusak bertahun-tahun. Kalau ada material okes 150 kubik, saya perbaiki sendiri saja. Jalan ini menjadi urat nadi bagi warga Lahei, Lahei Barat, dan semua perusahaan yang beroperasi di sini," ujar Atak.

 Hal senada diutarakan Camat Lahei Barat, Adi Suwarman bahwa kondisi jalan lintas kecamatan ini, terutama pada spot sekitar 700 meter dari pertigaan masuk Desa Luwe Hilir sampai ke Jembatan Luwe kurang layak.

 "Warga yang ke Luwe dan Jangkang lewat jalan ini. Perusahaan pun lewat jalan ini untuk mengangkut keperluan mereka," ungkap Adi.

Menambahkan hal tersebut, Camat Lahei Rusihan juga membeberkan hal yang sama. Bahkan saat dia dan Camat Teweh Selatan bertemu dan melaporkan soal Jalan Lahei-Luwe kepada Bupati barito Utara, respon keras datang dari bupati.  

 Rusihan sampai harus meminta waktu kepada bupati untuk mengumpulkan para pemangku kepentingan, sehingga bisa gotong-royong memperbaiki jalan tersebut.

 Titik kulminasi dari semua masalah di atas tersebut, terjadi pada Senin 11 Januari 2021 kemarin. Akhirnya happy ending, berkat campur tangan Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik.

 Patut diakui, Kadis PUPR M Iman Topik seorang negosiator ulung sekaligus komunikator andal. Sebagai mantan Camat Lahei (termasuk Lahei Barat saat itu) ia menguasai kondisi wilayah dan sosio-psikis masyarakat setempat.

Berita Terbaru