Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kotim Sarankan Pemerintah Tingkatkan PAD

  • Oleh Naco
  • 12 Januari 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah menyarankan pemerintah kabupaten bekerja lebih keras untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) karena potensinya masih sangat besar. 

Selain itu, kata dia, pembangunan di Kotim sangat memerlukan banyak anggaran. Salah satu dana yang bisa dimaksimalkan berasal dari pajak kendaraan bermotor dan angkutan perusahaan perkebunan.

"Perlu ada inovasi dalam rangka menggali PAD, pajak kendaraan bermotor masih sangat memberikan peluang besar untuk dimaksimalkan jika memang aturan wajib KH itu," kata Riskon, Selasa, 12 Januari 2021.

Menurutnya, jangan sampai jalan di daerah ini rusak tetapi sektor pajaknya keluar daerah. Maka dari itu, langkah ini harus dilakukan bersama Samsat untuk penarikan retribusi pajak kendaraan di 17 kecamatan yang ada, sehingga bisa meningkatkan dana bagi hasil dari pemerintah provinsi melalui pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Banyaknya kendaraan angkutan yang bernomor luar Kalteng itu sebenarnya jadi perhatian karena seharusnya mereka bayar pajak untuk Kalteng karena mereka berusaha disini," tukasnya.

Riskon menyarankan, salah satu sektor yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan PAD adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di lahan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Potensi ini dinilai masih sangat besar, apalagi diperkirakan masih banyak objek pajak di areal perusahaan perkebunan yang belum terdata. (NACO/B-7)

Berita Terbaru