Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kembali Pasang Pancing Buaya di Perairan Desa Pelangsian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Januari 2021 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, kembali pasang jerat di Sungai Mentaya, sekitar Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Jerat buaya ini di pasang di daerah Gang Mawar, Desa Pelangsian. Karena 2 hari yang lalu, warga melihat buaya muncul di semak di atas air pada sore hari.

"Sebelumnya kami memasang 2 jerat buaya di dekat Dermaga Desa Pelangsian, sekarang di Gang Mawar. Karena buaya kembali muncul di sekitar daerah tersebut," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis, 14 Januari 2021.

Dia mengatakan, dari keterangan masyarakat sekitar saat mereka menggali data. Dalam 1 bulan terakhir sejak seorang nenek menjadi korban keganasan hewan buas tersebut, buaya sering menampakan diri.

Bahkan hewan tersebut muncul pada sore hari, di sekitaran permukiman warga. Beruntungnya, masyarakat sekitar, terutama anak-anak sudah tidak berani lagi berenang di Sungai Mentaya tersebut. Karena khawatir menjadi korban serangan buaya.

"Alhamdulilah kalau yang berenang sudah tidak ada. Namun aktivitas masyarakat masih ada," kata Muriansyah. Meskipun begitu, pihaknya tetap memberikan imbauan agar terus mengurangi aktivitas di Sungai Mentaya.

Sejumlah sepanduk juga dipasang agar tidak ada lagi korban nantinya. Sementara, pancing yang dipasang di beri umpan bebek.

Sedangkan jerat buaya yang sebelumnya di pasang di lokasi serangan, hingga saat ini belum berhasil menangkap hewan buas tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru