Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Tetap Disuntik Vaksin Meskipun Pernah Positif Covid-19, Begini Penjelasan Dokter

  • Oleh Hendri
  • 14 Januari 2021 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menjadi orang kelima yang disuntik vaksin Covid-19 bersama sejumlah pejabat daerah setempat saat launching vaksinasi di RSUD Kota, Kamis 14 Januari 2021.

Meski Fairid Naparin pernah positif Covid-19 tanpa gejala pada 27 April 2020, dokter di kota setempat memperbolehkan orang nomor satu itu menerima vaksin.

Alasannya jangka waktu terpapar hingga vaksinasi ini sudah melampaui 6 bulan. Vaksin diperlukan agar tidak terjadi reinfeksi karena antibody yang dulunya ada dikhawatirkan tidak memberikan kekebalan yang optimal.

"Jadi kemungkinan antibody yang terbentuk saat terpapar sudah tidak memberikan kekebalan yang optimal. Untuk itu diberikan kepada Wali Kota apalagi beliau sebagai pelayan masyarakat yang sering bertemu banyak orang," kata dr Probo Wuryantoro.

Selain itu, Wali Kota juga sudah melaksanakan rapid test antibody dan hasilnya Igg dan Igmnya sudah negatif.


"Beliau terpapar lebih dari 6 bulan yang lalu, kemudian kita tidak pernah tau jumlah partikel virus yang waktu itu menginfeksi beliau. Dosis vaksin yang diberikan ini sudah melalui uji klinis untuk memberikan kekebalan beberapa  waktu,"pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru