Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

171 Keluarga Penerima Manfaat Terima Kartu Keluarga Sejahtera

  • Oleh Uriutu
  • 14 Januari 2021 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 171 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Barito Selatan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“171 KKS ini sebelumnya sudah terdaftar sebagai penerima, namun tidak mengambil pada tahun 2020 lalu," kata Kabid Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin pada DSPMD Barsel, Nursalim, Kamis, 14 Januari 2021.

Ia mengatakan, penyebab tidak tertribusikan KKS sembako kepada 171 KPM itu karena berhalangan hadir pada dibagikan program bantuan sosial terdampak pandemi COVID-19 pada 2020 lalu.

Karena tidak tertribusikan pada tahun 2020 itu, maka sisanya di salurkan kembali pada 2021 ini kepada 171 KPM yang belum menerima tersebut.

Ia menjelaskan, bantuan yang diterima setiap KPM Rp 200 ribu per bulan berupa paket sembako dan pengambilan sembakonya langsung ke 59 e-warung yang telah tersedia, sedangkan transfer dananya melalui Bank Mandiri.

Adapun jenis sembako yang bisa diambil setiap KPM di e-warung itu berupa beras, telur, daging ayam, buah serta ikan yang diproduksi oleh petani dan bukan jenis pabrikan seperti mie instan dan susu.

Selain itu ia juga mengatakan, penerima KKS sembako ini mereka yang terdaftar dalam data terpadu, sedangkan rekening Bank dan kartu KKS nya sudah tercetak, sehingga tidak ada istilah pendaftaran baru penerima bansos tersebut.

Untuk total KKS yang sudah tersalurkan pada 2020 lalu sebanyak 1.071 tersebar dienam kecamatan dan yang belum tersalur tercatat sebanyak 328 KPM.

"Setelah diteliti dari 328 itu ternyata sebanyak 171 KPM yang tidak hadir, dan sisanya dilaporkan ada yang kehidupannya sudah mampu, meninggal dunia, dan pindah domisili yang tidak diketahui oleh pihak desa," jelasnya.

Untuk mereka yang sudah terdaftar sebagai penerima, namun berdasarkan keterangan dari desa sudah mampu, pindah domisili dan meninggal dunia tanpa ahli waris itu tidak dibagikan Kartu Keluarga Sejahteranya. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru