Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Limpahkan Sebagian Aset di Eks Transmigrasi Tampulang

  • Oleh Uriutu
  • 14 Januari 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dirjen pengembangan kawasan transmigrasi melimpahkan sebagian aset pada D1 dan D3 eks transmigrasi di Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas sebesar Rp 2 miliar lebih.

"Namun aset berupa bangunan pustu dan rumah ibadah, sekolah, rumah dan jalan di D1 dan D3 ini mengalami rusak berat," kata kepala Disnakertrans Barsel, Agus In’yulius, Kamis, 14 Januari 2021.

Ia mengatakan, setelah mendapatkan pelimpahan aset dari pusat itu, pihaknya langsung melakukan cek lapangan sekaligus identifikasi yang dilakukan konsultan untuk menyusun dokumen untuk menggali potensi yang ada di eks transmigrasi Dadahup 1 dan Dadahup 3 ini.

"Harapannya dengan adanya penyusunan dokumen potensi eks transmigrasi ini nantinya akan turun dana bantuan dari pusat yang mampu menghidupkan eks transmigrasi yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan itu," ucap dia.

Ia memaparkan adapun luasan lahan D1 dan D3 yang wilayahnya masuk Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas ini seluas 2.600 hektar yang mana untuk luasan D1 sebesar 1.220 hektar dan D3 dengan luas sebesar 1.400 hektar lebih.

Sedangkan jumlah penduduk pada dua lokasi itu sebanyak 83 orang yang terdiri atas 23 Kepala Keluarga (KK). Adapun usaha masyarakat mencari ikan, mencari kayu galam dan madu dari luar lokasi eks transmigrasi. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru