Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Pilkades Serentak DPMD Pulang Pisau Gelar Rapat Evaluasi

  • Oleh Asprianta
  • 14 Januari 2021 - 23:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar rapat evaluasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor setempat, Kamis, 14 Januari 2021, dipimpin oleh Asisten I Setda Pulpis, HM Syaripul Pasaribu didampingi Kepala DPMD Hj Deni Widanarni, Kepala Inspektorat, Sapri Junjung dan dihadiri kepala SOPD terkait, dan Camat.

Kepala DPMD Pulpis, Hj Deni Widanarni mengatakan rapat koodinasi dengan SOPD dan para camat ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi persiapan Pilkades serentak yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 18 Maret 2021 mendatang.

"Rapat ini dalam rangka mengevaluasi tahapan-tahapan Pilkades yang telah kita laksanakan sejak Bulan Oktober 2020. Serta untuk mempersiapkan Pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan pada Maret 2021 ini," katanya.

Hj Deni menjelaskan salah satu yang menjadi pembahasan dalam evaluasi itu adalah tahapan dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT) sebelum masuk dalam tahapan berikutnya, yakni pembukaan pendaftaran bakal calon Kepala Desa yang akan dimulai tanggal 15 hingga 23 Januari 2021.

Menurutnya, Pilkades serentak akan diikuti oleh 45 desa yang tersebar di 7 kecamatan yang dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 itu mengacu surat edaran dari Kemendagri tentang penerapan protokol kesehatan.

"Untuk teknis pelaksanaan Pilkades ditengah Pandemi Covid 19 ini memang sudah kita sepakati. Tinggal bagaimana panitia Pelaksanaan Pilkades dan Pemerintah Kecamatan untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar menghasilkan pimpinan Desa yang baik," ucapnya.

Berkaca dari suksesnya pelaksanaaan Pemilihan Gubernur serentak 2020 kemarem, pihaknya optimis pelalsanaan Pilkades serentak dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.

”Untuk mendukung suksesnya Pilkades serentak 2021 dimasa pandemi saat ini, kita juga akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di masing-masing desa agar kembali mengaktifkan dan membantu pelaksanaan Pilkades serentak, sehingga pelaksanaannya berjalan aman, tertib, lancar, dan konsusif,” ungkapnya. (ang)

Berita Terbaru