Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Komsar dan Samuja Barito Timur Bantu Bencana Banjir di Barabai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Januari 2021 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan Komunitas Sapa Rawa atau Komsar dan BPK Mesjid Sabilal Mujahidin atau Samuja Ampah Barito Timur berangkat ke Barabai Hulu Sungai Tengah, Kalsel, untuk memberikan bantuan bagi korban bencana banjir yang melanda daerah tersebut.

Wakil Ketua Komsar, Hendra Darmadi, ketika diwawancarai dalam perjalanan menuju Barabai menjelaskan, dirinya bersama tiga orang lainnya berangkat terlebih dahulu sebagai pembuka jalan untuk membantu korban banjir disana.

"Rencana rombongan yang akan membawa bahan kebutuhan pokok dan bantuan lain akan menyusul berangkat nanti jam 1 siang menuju Barabai," ungkapnya di Tamiang Layang, Jumat, 15 Januari 2021.

Dia menjelaskan, total relawan dari Komsar dan Samuja yang akan berangkat  sebanyak 40 orang. Di lokasi bencana nanti, selain menyalurkan bantuan bahan makanan, pakaian dan uang, relawan juga akan membantu mengevakuasi korban bencana banjir.

"Kami membawa peralatan sederhana seperti pelampung dari ban untuk mengevakuasi warga yang sulit dijangkau. Semua relawan akan berupaya melakukan apa pun yang bisa untuk membantu korban bencana," jelasnya.

Seperti diketahui, Komsar sendiri merupakan komunitas relawan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan sebagai Satgas Siaga Bencana di bawah Komando Pusaka Adat Dayak atau Koppad Borneo distrik Barito Timur. Komsar saat ini telah memiliki pemadam portable untuk mengatasi bencana kebakaran.

Hendra berharap kehadiran relawan Komsar dan Samuja di tengah warga Barabai dan sekitarnya yang terkena musibah, dapat mendorong relawan lain di Barito Timur untuk turut mengambil bagian membantu daerah lain yang mengalami musibah.

"Siapa lagi yang membantu saudara-saudara kita kalau bukan kita sendiri. Sekalipun pemerintah telah membantu, kita harus tetap ikut membantu secara moril maupun materiil," tandasnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru