Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kotim: Warga Sekitar PBS Hanya Jadi Penonton

  • Oleh Naco
  • 15 Januari 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) M.Abadi mengakui, warga di sekitar perusahaan besar swasta (PBS) khususnya perkebunan masih banyak yang jadi penonton. 

Akibatnya kata dia, masyarakat menjadi pengangguran, bahkan untuk menjadi karyawan perusahaan di sekitarnya sebagian menjadi permasalahan karena kesulitan.

"Dari kunjungan saya ke lapangan lalu, bahwasanya perusahaan di sekitar desa masih belum memperhatikan warga di sekitarnya. Pemberdayaan tenaga kerja lokal masih diabaikan," kata Abadi, Jumat, 15 Januari 2021.

Abadi mengakui sangat prihatin melihat kondisi  masyarakat tersebut, seharusnya kondisi demikian tidak perlu terjadi jika para perusahaan tersebut punya komitmen dan konsisten untuk turut serta mensejahterakan masyarakat.

Menurutnya ini harus jadi tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten, bagaimana agar mereka yang menganggur itu bisa dipekerjakan oleh perusahaan disekitarnya.

"Warga sekitar harus bisa bekerja, sesuai dengan kemampuan dan keahlian masyarakat disekitarnya," tukasnya.

Abadi menginginkan agar investasi di daerah, juga memiliki  kepedulian untuk melibatkan masyarakat disekitarnya. Karena dengan begitu, dia yakin akan muncul ikatan emosional antara dunia usaha dan masyarakatnya.(NACO/B-5)

Berita Terbaru