Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Siapkan 22 Faskes Untuk Vaksinisasi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Januari 2021 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar, telah menunjuk sebanyak 22 fasilitas kesehatan (Faskes) untuk melaksanakan vaksinisasi tahap pertama di Kobar.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kobar, Jhonferi Sidabalok bahwa, fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinisasi sebanyak 22 faskes, terdiri dari seluruh puskesmas, seluruh rumah sakit, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di Kobar.

"Untuk saat ini kita tengah melakukan persiapan, baik persiapan sumberdaya manusianya serta persiapan pelaksanannya," kata Jhonferi saat dikonfirmasi Borneonews, pada Jumat, 15 Januari 2021.

Jhonferi menyampaikan, untuk terkait pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kotawaringin Barat sendiri, masih menunggu intruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Hal terpenting saat ini ialah mempersiapkan beberapa hal ketika pelaksanaan vaksinasi dimulai di Kobar.

"Pelaksanaan vaksinasi ini belum ada instruksinya, dan selanjutnya ditentukan by sistem, jadi di seluruh Indonesia ini kalau sistemnya tidak buka oleh pusat maka pelaksanaannya tidak akan bisa, sehingga kita belum bisa membuat jadwal,"  ungkapnya.


Sebanyak 1.200 vaksin Covid-19 Sinovac telah tiba di Kobar, pada 11 Januari 2021 lalu, dan disimpan di gudang vaksin milik Dinkes Kobar.

Untuk tahap pertama ini nantinya, yang akan mendapat vaksin ialah tenaga kesehatan, TNI dan Polri.

Terpisah, Bupati Kobar Hj Nurhidayah juga menyampaikan dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 perdana di Kabupaten Kobar nanti, bakal disiapkan 10 nama orang yang pertama mendapatkan vaksin di Kobar.

"10 nama itu masih kita susun. Di antaranya Sekda Kobar, dari pihak DPRD Kobar, tokoh masyarakat, Forkopimda, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat," kata Bupati. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru