Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Minta Warganya Waspadai Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Januari 2021 - 08:00 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang meminta kepada lapisan masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai agar mewaspadai datangnya banjir. 

Pasalnya,  akhir-akhir ini curah hujan di wilayah Katingan tinggi. 

"Harapan saya di tahun 2021 tidak ada banjir,  dan yang terbaru kita melihat di Kalmantan Selatan dilanda banjir," ujar Wakil Bupati Katingan,  Sabtu,  16 Januari 2021.

Menurutnya,  pada tahun 2020 lalu Katingan dilanda banjir yang cukup besar hingga  dua kali.

Untuk tahun  2021 ini ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan bersiap-siap khusunya warga yang berdomisili di bantaran sungai.

"Kakau bisa jangan membuat permukiman di pinggir sungai, cari tempat permukiman yang tinggi jangan di bantaran sungai, berbahaya," katanya. 

Pasalnya,  sebut Sunardi Litang khususnya di pulau Kalimnatan ada semacam siklus rutin banjir tahunan.

Banjir tahunan, sebutnya pasti ada setiap musim penghujan namun apakah banjir itu tergolong besar atau kecil dirinya tidak tahu. 

"Kepada masyarakat harus membiasakan diri dengan pola alam ini, dan ini tidak bis dihindari, jadi masyarakat juga harus menyesuaikan kalau sudah musim hujan berarti ada potensi bahaya banjir, dan masyarait kita harapkan siap-siap mengantisipasi banjir ini, " imbuhnya.

Sementara itu dari pantauan,  sejak kurang lebih sepekan terakhir wilayah Katingan tiap hari selalu diguyur hujan lebat,  sedang hingga ringan.  Meski begitu,  Sungai Katingan di wilayah ini masih belum pasang alias masih surut. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru