Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Embung Program Pemkab Kobar Banyak Dimanfaatkan Warga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Januari 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), telah membuat program 'Gerakan Membangun 1001 Embung' dan program tersebut telah memberikan banyak manfaat untuk warga.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kobar Junni Gultom mengatakan, bahwa sudah ada ratusan embung yang sudah terbangun. Baik embung yang dibangun oleh pemerintah maupun embung yang dibangun oleh swasta dan swadaya masyarakat Kobar.

"Per Januari 2021 ini, laporan embung yang baru rampung dibangun pemerintah sebanyak 29 embung dan yang dibangun pemerintah desa dan swasta serta masyarakat sekitar 100 embung. Adapun jumlah Embung yang ada di Kobar sekitar 350 embung, bahkan ada yang di setiap estate perusahaan ada embungnya dan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Junni Gultom, Sabtu, 16 Januari 2021.

Lanjutnya, Junni Gultom mengatakan, bahwa 'Gerakan Membangun 1001 Embung' ini merupakan salah satu Program Visi-Misi Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, dengan bekerjasama multi pihak yang hasilnya, telah membuktikan banyak dimanfaatkan masyarakat desa di 6 kecamatan se-Kabupaten Kobar. Seperti dijadikan tempat wisata dan juga keramba ikan serta banyak hal lainnya.

"Sekarang, membangun Kabupaten Kobar kita kombinasikan multi pihak, termasuk membangun embung. Kita siap kerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi, desa serta perusahaan dan masyarakat perorangan," ungkapnya.

Dijelaskan Junni, masih ada masyarakat yang belum paham tentang keberadaan Embung. Menurutnya, embung merupakan salah satu bangunan berbentuk cekung yang berfungsi untuk menampung kelebihan air pada saat terjadi hujan.

"Air yang ditampung tadi digunakan sebagai persediaan suatu desa saat musim kering tiba. Embung ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas air yang ada di sungai atau pun di danau. Bahkan, bisa dijadikan objek wisata, dan keramba ikan seperti Embung Desa Berambai Makmur, Kecamatan Pangkalan Banteng," tuturnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru