Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Ingatkan Pemkab Kotim Antisipasi Banjir

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2021 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rimbun mengingatkan, pemerintah kabupaten segera melakukan upaya antisipasi terjadinya banjir. 

Saran itu disampaikan karena saat ini musim hujan masih berlangsung, khususnya di Kabupaten Kotim bahkan daerah dataran rendah sangat rawan terendam.

Sebagaimana diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Bandar Udara H Asan Sampit, kata Rimbun, musim hujan masih akan berlangsung di bulan Januari hingga April 2021.

"Pemerintah harus segera menyiapkan langkah antisipasi, terutama di beberapa titik yang rawan terjadi banjir. Khususnya di daerah hulu," kata Rimbun, Sabtu 16 Januari 2021.

Apalagi ujarnya, Kotim di daerah hulu belum lama ini juga diterjang banjir besar yang menenggelamkan banyak rumah warga hingga ribuan kepala keluarga terdampak. 

"Maka kondisi yang pernah kita alami itu harus menjadi pelajaran," ucap Anggota Fraksi PDIP tersebut.

Jangan sampai setelah terjadi banjir baru pemerintah baru melakukan persiapan. Alangkah baiknya sudah jauh-jauh hari lakukan antisipasi, bisa juga dengan memberi imbauan atau peringatan kepada masyarakat.

Dirinya juga mengatakan, pemerintah kabupaten melalui instansi terkait harus melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana perlengkapan siaga antisipasi banjir.

Ia juga berharap hal itu tidak hanya dilakukan oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kotim saja, namun pihak terkait lainnya terutama kecamatan dan desa.(NACO/B-7)

Berita Terbaru