Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbagai Komunitas di Barito Timur Galang Bantuan untuk Korban Banjir Kalimantan Selatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Januari 2021 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Berbagai komunitas di Kabupaten Barito Timur melakukan penggalangan bantuan sekaligus menyalurkannya untuk korban banjir Kalimantan Selatan.

Sejumlah komunitas itu di antaranya Komunitas Pedagang Pasar Tamiang Layang, Warga Mungkur Juung, FPTI Barito Timur, Nahdlatul Ulama, Komunitas Masjid Usman Bin Affan, Komunitas Masjid Jabal Noor, Komsar, serta Samuja.

Madan, salah satu anggota Komunitas Jajaka Gowes Barito Timur yang turut menggalang donasi menjelaskan, pihaknya telah melakukan aksi penggalangan sejak beberapa hari yang lalu.

"Kami disini membuka donasi bagi saudara kita korban banjir, baik itu makanan, pakaian, hingga uang. Bantuan bisa diserahkan ke Posko Jago Bartim di Jalan A Yani Mungkur Kandangan, Kecamatan Dusun Timur," kata Madan, Sabtu, 16 Januari 2021.

Dia menjelaskan, komunitasnya akan kembali menyalurkan bantuan bagi korban banjir menggunakan 2 truk. Sebelumnya ada juga penyaluran bantuan menggunakan 2 mobil pikap.

"Selain itu ada pula sebanyak 25 orang relawan yang turut serta untuk membantu evakuasi maupun kegiatan lainnya di lokasi bencana," jelasnya.

Menurutnya, para relawan yang terjun ke lokasi banjir akan bertahan di sana hingga banjir surut. Mereka membantu membersihkan fasilitas umum dan tempat-tempat ibadah.

Sementara itu, Pengurus FPTI Barito Timur yang melakukan penggalangan donasi bersama atlet panjat tebing, Siswa Pecinta Alam atau Sispala Phyton SMKN Paku serta Nansarunai Climbing Club, pada hari pertama berhasil mengumpulkan sumbangan senilai hampir Rp 8 juta.

"Sumbangan uang pada hari pertama ini Rp 5.451.600, dan yang berupa barang diperkirakan mencapai Rp 2,5 juta," kata Sekretaris Umum FPTI Barito Timur, Supawardani A Batur.

Dia menjelaskan, selain masyarakat menyumbangkan langsung uang tunai di lokasi penggalangan, ada juga yang menyumbang dalam bentuk barang seperti air mineral, popok untuk balita, beras, mie instan, sarden, telur dan makan siap saji.

Mereka juga akan melakukan penggalangan donasi hingga hari Senin, tanggal 18 Januari 2021.

"Semoga kegiatan bersama ini membantu saudara-saudara kita yang dilanda musibah. Semoga korban banjir tetap kuat dan sehat dalam melewati musibah ini," ujar Dani. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru