Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes Harus Digalakkan Menuju Desa Mandiri

  • Oleh Naco
  • 17 Januari 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Agus Seruyantara meminta dinas terkait untuk mendorong dan mennggerakkan semua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal ini untuk menuju desa mandiri kedepannya. Terlebih usaha yang dilaksanakan tidak sesuai dengan potensi desa dan harus dikelola oleh orang dari luar aparatur desa atau orang yang profesional.

"BUMDes harus dikelola secara benar, dan dapat memiliki manfaat untuk desa, terutama dalam meningkatkan pendapatan desa, sehingga dapat mewujudkan pembangunan," kata Agus, Minggu, 17 Januari 2021.

Menurutnya, untuk BUMDes yang masih belum maksimal hendaknya mendapatkan pendampingan dari pemerintah kabupaten.

Agus yakin jika BUMDes dilakukan pembenahan secara maksimal, maka akan menjadi salah satu pendapatan dari desa itu sendiri.

Agus menegaskan BUMDes yang dibentuk hendaknya terpisah dari lingkaran aparatur pemerintah desa, dikelola oleh orang yang memiliki naluri usaha dan profesional.

“Cari warga yang betul-betul mumpuni, jangan jadi Direktur BUMDes yang merangkap juga kerjaan lain, akhirnya nanti tidak fokus mengurusnya,” tukasnya.

Saat ini banyak desa membentuk BUMDes, tapi tidak semua berjalan usahanya, sehingga terbilang tidak aktif, dampaknya tidak dapat memberikan sumber pemasukan untuk desa. (NACO/B-6)

Berita Terbaru