Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Kadis Pertanian Barito Utara Tinjau Pelaksanaan Program Optimalisasi Lahan Rawa

  • Oleh Ramadani
  • 17 Januari 2021 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati meninjau hasil kegiatan Optimalisasi Lahan (Opla) Rawa 2020 di Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu 16 Januari 2021.

“Program Opla Rawa ternyata memberikan hasil sangat menggembirakan. Lahan pertanian yang selama puluhan tahun tidak bisa ditanami karena selalu terendam oleh air yang menggenanginya kini sudah bisa surut bahkan kering, sehingga sangat memungkinkan untuk digarap oleh petani menjadi lahan pertanian," katanya, Minggu 17 Januari 2021.

Program kegiatan lapangan yang dilakukan dengan melakukan pembersihan, pengerukkan dan membuat jaringan irigasi atau tanggul air, rehabilitasi saluran, pembangunan gorong-gorong dan jembatan yang sumber dananya melalui TP Dinas Pertanian Provinsi Kalteng.

"Insya Allah tahun ini Dinas Pertanian Barito Utara akan kembali mendapat bantuan untuk program ini," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini nantinya akan semakin banyak dan luas lahan-lahan pertanian potensial yang saat ini masih sangat marginal/terbengkalai dapat dimanfaatkan untuk perluasan areal tanam baru (PATB).

Selain itu meningkatkan produksi tanaman, membangkitkan dan memulihkan semangat serta motivasi petani serta menumbuhkan sentra baru produksi pertanian di Kabupaten Barito Utara.

"Ini memang menjadi program prioritas yang ada dalam kebijakan Bupati Barito Utara, Nadalsyah. Pada periode ke 2 jabatan beliau untuk mewujudkan pertanian yang maju, tangguh dan modern, sehingga bisa memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat petani yang diharapkan dapat semakin baik taraf hidupnya," pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru