Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai Melonjak Hingga Rp 200 Ribu Per Kg di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Januari 2021 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga cabai di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melonjak tinggi. Berdasarkan pantauan di Pasar Indra Sari, Kelurahan Baru, Minggu, 17 Januari 2021 pagi harinya masih seharga Rp 160 ribu per kilo gram, namun sore harganya melonjak hingga Rp 200 ribu.

Tono salah seorang pembeli di pasar tersebut mengatakan saat ia menemani isterinya berbelanja untuk keperluan harian pada pagi hari, ia mendapatkan informasi bahwa harga cabai Rp 160 ribu per kilo gram.

"Namun tadi barusan saya ditelepon keluarga yang kebetulan juga berbelanja di pasar tersebut pada sore hari harganya mencapai Rp 200 ribu. Waduh," jelasnya. 

Terpisah, menurut Marni salah seorang pedagang yang berjualan cabai di pasar ini mengatakan sebenarnya sekitar lima hari sebelumnya, harga cabai masih berkirar Rp 80 ribu.

"Namun sejak tiga hari belakangan ini harga cabai mulai merangkak naik hingga Rp 100 ribu. Setelah itu naik lagi jadi Rp 150 - 160 ribu dan sore ini jadi Rp 200 ribu," ujarnya.

Marni mengatakan dari penuturan suplayer cabai langganannya, ia mendapatkan informasi kenapa harga cabai bisa melonjak secara signifikan.

"Karena saat ini di Kalimantan Selatan sedang terkena musibah banjir dan stok cabai di Pulau Jawa sedang kosong untui dikirimkan ke Kobar. Akibat kurangnya stok, maka harganya jadi melonjak drastis seperti ini," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru