Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sandiaga Uno akan Kembangkan Mandalika Jadi Destinasi Wisata Olahraga

  • Oleh Teras.id
  • 18 Januari 2021 - 11:50 WIB

TEMPO.COJakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Di kawasan yang akan menjadi lokasi MotoGP Mandalika bisa dilakukan seperti yang dicoba oleh Sandiaga. Pada Sabtu, 16 Januarin kemarin, ia memulai rekreasi olahraganya dengan berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP,” kata Sandiaga.

Ia mengatakan olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas yang fokus pada wisata olahraga.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer menjelaskan Mandalika memang disiapkan untuk menjadi destinasi sport tourism, kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

“Di tahun 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

Menurut Abdulbar, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui untuk dibuat kawasan olahraga yang di dalamnya akan ada running track. Kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare tersebut memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran wisata olahraga yang digelar di Indonesia,” kata Abdulbar.

TERAS.ID

Berita Terbaru