Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kalteng Harap Penerima PKH Terus Berkurang

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Januari 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Tengah (Kalteng) berharap angka penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) terus berkurang.

“Kami berharap jumlah penerima bantuan keluarga miskin itu terus berkurang. Logikanya jika jumlah ini terus bertambah, indeks keluarga miskin di Kalteng juga akan semakin bertambah,” kata Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Kalteng, Alexander Prasetyo, Senin, 18 Januari 2021.

Di tahun 2021, lanjut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Sosial Kalteng menyalurkan bantuan tahap pertama kepada 48.840 KPM yang ada di 14 kabupaten/kota se-Kalteng. 

Selain itu, berdasarkan sistem data Kementrian Sosial Republik Indonesia (RI) ada upaya penambahan perluasan KPM hingga 10 ribu KK yang akan menerima bantuan.

"Namun calon PKM ini perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu," imbuhnya.

Alexander menjelaskan, untuk bisa menerima bantuan PKH, setiap KK harus bisa memenuhi beberapa komponen yang menjadi syarat utama.

Mulai dari komponen pendidikan dimana keluarga memiliki anak usia sekolah. Kemudian komponen kesehatan, dimana keluarga memiliki anak usia balita, ibu hamil, atau ibu menyusui. 

"Terkahir, komponen kesejahteraan sosial, dimana keluarga memiliki lansia 70 tahun keatas, atau ada anggota keluarga yang menyandang disabilitas berat," terangnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru