Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pandangan Akademisi Terkait PKM Palangka Raya yang Tanpa Sanksi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Januari 2021 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen FISIP Universitas Palangka Raya Ricky Zulfauzan menilai masyarakat Kalteng sudah mengerti pentingnya masker dalam setiap aktivitas ditengah pandemi.

"Meskipun dalam Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) tidak mengatur sanksi apapun, tetapi jika dilihat berdasarkan survei dari Satgas Penanganan Covid-19, Kalteng menduduki posisi kedua terhadap kepatuhan masker," tuturnya, Senin, 18 Januari 2021.

Meskipun begitu, lanjut dia, pemerintah maupun instansi terkait lainnya tetap harus menyosialisasikan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19 secara baik kepada masyarakat. 

Menurutnya, selain meningkatkan kedisiplinan masyarakat, sosialisasi secara maksimal pun dapat mengurangi resistensi atas dampak yang ditimbulkan dari setiap kebijakan yang diambil pemerintah.

“Pemerintah harus memaksimalkan sosialisasi agar mencegah resistensi dari masyarakat. Tetapi masyarakat juga harus mematuhi setiap kebijakan yang dibuat," tambahnya.

Kemudian, tambahnya, masyarakat harus yakin bahwa pemerintah tidak mungkin akan merugikan masyarakat. Semua ini demi kepentingan yang lebih luas, kepentingan bersama. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru