Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Katingan Ini Minta Pemerintah Anggarkan Pembangunan Jalan Tembus Kalbar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Januari 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Anggota DPRD Katingan, Sugianto berharap pihak pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat menganggarkan dana rencana pembangunan ruas jalan di wilayah hulu Kabupaten Katingan yang direncanakan bakal tembus sampai wilayah Provinsi Kakimantan Barat.

"Rencana pembangunan jalan menuju wilayah Kalbatlr dari Katingan itu harus ada keterlibtan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," sebut Sugianto, Selasa, 19 Januari 2021. 

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB ini,  jika hanya berharap dana APBD Kabupaten Katingan atau dana desa, itu tidak akan mungkin bisa selesai.

Pasalnya,  resikonya lebih besar, sebab jarak tempuh dari wilayah Kecamatan Katingan Hulu menuju perbatasan wilayah Kalbar, itu lumayan jauh lebih dari 30 kilometer, itu jika dihitung dari desa paling ujung dijalur  Sungai Sanamang yakni Desa Kiham Batang. 

Menurutnya, untuk badan jalan dari Tumbang Sanamang Ibukota Kecamatan Katingan Hulu menuju Kiham Batang itu sepanjang 43 kilometer sejauh ini telah dikerjakan. 

Bahkan pada tahun anggaran 2020 lalu dengan menggunakan dana desa bekerjasama dengan pihak ketiga juga dikerjakan.

"Makanya harus perlu tindak lanjutnya lagi supaya bisa fungsional," katanya. 

Sugianto mengaku,  sebetulnya jalur menuju wilayah Kalbar yang dimungkinkan dapat dikerjakan itu ada dua alternatif.  Yakni melewati Desa Kiham Batang Kecamatan Katingan Hulu atau melewati Desa Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya.  Bedanya kalaubdari jalur Sanamang melewati Desa Kiham Batang sejauh ini sudah ada badan jalan sepanjang 43 kilometer,  namun jika melewati Desa Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya belum ada badan jalan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru