Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distribusi Barang ke Barito Timur Terhalang Banjir Kalsel

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Januari 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Distribusi barang kebutuhan sehari-hari dari arah Kalsel ke Kabupaten Barito Timur, Kalteng terhambat oleh bencana banjir yang melanda beberapa kabupaten di Kalsel.

"Kebanyakan distributor yang masuk Barito Timur gudangnya di Barabai, makanya sudah sekitar 5 hari tidak ada barang yang masuk," ungkap salah satu pedagang di Pasar Tamiang Layang bernama Ahim, Selasa, 19 Januari 2021.

Meski demikian, menurutnya stok barang masih cukup karena itu rata-rata pedagang masih menjual dengan harga normal.

Pedagang bahan kebutuhan pokok yang lain bernama Ujan mengungkapkan, beberapa stok barang tertentu mulai kosong di tokonya, di hal ini terjadi karena sebelum bencana banjir yang melanda Kalsel distributor sudah beberapa hari tidak mengirim barang.

"Tambah lagi pas banjir, jadi makin lama tidak kirim barang ke sini jadi stok barang di toko kami kosong," ujarnya.


Senada dengan Ahim, dia tidak menaikkan harga barang karena stok yang dijual masih stok lama. Namun Ujan menegaskan, dia tetap akan menyesuaikan harga barang dari distributor dalam menjual barang di tokonya.

"Nanti kalau sales-nya bisa kirim barang dan bilang harga barangnya naik, terpaksa kami juga ikut menaikkan harga jual barang," jelasnya.

Pantauan Borneonews di Pasar Tamiang Layang, pada umumnya harga kebutuhan pokok masih relatif normal, hanya beberapa jenis sayur dan ikan mengalami kenaikan harga berkisar Rp 1.000-2.000 per kilogram.

Kepala UPT Pasar Tamiang Layang, Tenny, saat temui di kantor mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Tamiang Layang masih wajar.

"Kalau ada beberapa jenis barang produksi pabrik dan sayuran yang harganya naik, tapi masih dalam batas yang wajar," jelasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru