Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas! Polres Kotim Sedang Fokus Bidik Kasus Illegal Logging dan Illegal Mining

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Januari 2021 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penegakan hukum di bidang lingkungan hidup, terutama illegal logging dan illegal mining menjadi fokus jajaran Polres Kotawaringin Timur. 

Meskipun begitu, pihaknya saat ini tidak mengutamakan penindakan terhadap pelaku. Namun pembinaan dan pengawasan adalah hal yang utama dilakukan. 

"Berlahan kami benahi dengan pelaksanaan kegiatan secara bertahap, tidak serta merta langsung pada penegakan hukum," ujar Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, Selasa, 19 Januari 2021. 

Pihaknya akan mengutamakan kegiatan preemtif, yakni menanamkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga, mereka tidak melakukan hal tersebut. 

Selanjutnya preventif, yakni dengan mencegah adanya niat yang dilakukan untuk melanggar hukum. Hal itu, dilakukan dengan memperbanyak patroli dan pengawasan. 

"Jika keduanya sudah dilakukan, namun masih terjadi ilegal logging dan mining. Maka barulah kami melakukan tindakan penegakan hukum," kata Jakin. 

Penegakan hukum adalah upaya akhir. Karena kami tentunya ingin agar masyarakat memiliki kesadaran. Karena apa yang mereka buat, merupakan hal yang ilegal dan melanggar hukum. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru