Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebersamaan dan Falsafah Huma Betang Harus Terus Dijaga

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Januari 2021 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan dan kerukuman.

Kepala Kesbangpol Kalteng, Agus Pramono menilai saat ini Bumi Tambun Bungai memiliki masyarakatnya yang heterogen, namun sudah damai dan dapat hidup berdampingan tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan.

"Dengan menjunjung falsafah Huma Betang, Kalteng merupakan daerah kondusif serta contoh keberagaamanan yang ada di Indonesia," katanya, Kamis, 21 Januari 2021.

Setiap kegiatan, nilai nilai kebersamaan selalu ditampilkan dengan budaya dan keragaman suku yang ada di Kalteng, baik suku pendatang maupun suku asli Kalimantan.

"Wujud Indonesia, wujud keberagaman bisa di lihat di Kalteng ini. Lihat saja saat ulangtahun daerah maupun kegiatan biasanya ditampilkan benerapa kebudayaan masyarakat. Seperti ogoh ogoh yang pemainnya memang asli suku bali, kuda lumping yang pemainnya bener bener orang Jawa," terangnya.

Menurutnya, sikap toleransi dan kebersamaan ini yang harus terus dikuatkan, jangan sampai nantinya ternodai dengan sikap provokasi yang mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru