Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengajuan SIM di Kantor Satlantas Polres Kobar Menurun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Januari 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki awal tahun 2021 masih dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19. Jumlah warga yang melakukan pengajuan atau permohonan surat izin mnegemudi di Kantor Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami penurunan.

Dampak dari pandemi Covid-19 ini, menyebabkan mobilitas sosial masyarakat juga berkurang. Volume kendaraan di sejumlah ruas jalan Pangkalan Bun juga cenderung sepi, dibanding dengan hari - hari biasa sebelum pandemi.

"Ternyata dengan menurunnya aktifitas masyarakat karena pandemi Covid-19, awal tahun 2021 ini pemohon SIM alami penurunan dibandingkan dengqn tahun 2020 lalu," kata Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Kobar, Aipda Agus Nurrohman, pada Kamis, 21 Januari 2021.

Lanjutnya, adapun jumlah pemohon SIM di awal tahun ini sejak tanggal 4 sampai dengan 20 Januari 2021, sebanyak 669 pemohon. SIM A sebanyak 236 dan SIM C sebanyak 433 pemohon.

"Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, turun kurang lebih 200 pemohon. Kalau sebelumnya, awal tahun itu bisa 800 lebih pemohon," tuturnya.

Dia mengungkapkan, dalam pembuatan SIM, pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Setiap orang yang ingin mengurus SIM diwajibkan menggunakan masker. Saat masuk pun juga harus mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

"Tak hanya pemohon, petugas pun juga lakukan protokol kesehatan secara ketat, seperti menggunakan masker, sarung tangan dan face shield," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menginformasikan kepada pemohon atau perpanjangan SIM, dimana harus melakukan pengambilan foto, diusahakan supay tidak menggunakan baju atau kerudung berwarn biru.

"Alasannya, itu bisa mengganggu hasil jadi SIM dan data yang tersimpan saat sistem melakukan penyesuaian. Nanti mukanya aja yang kelihatan. Namun demikian, apabila sudah terlanjur menggunakan baju berwarna biru, pihaknya sudah menyiapkan baju ganti," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru