Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Barat Siapkan Anggaran Antisipasi Bencana

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Januari 2021 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam tahun 2021, DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah melakukan berbagai langkah, salah satunya dengan menyiapkan anggaran tidak terduga.

Kendati demikian, Ketua DPRD Kobar, M Rusdi Gozali mengharapkan tidak terjadi bencana alam di Kobar. Meski persiapan penanggulangan bencana alam terus dilakukan, termasuk dari aspek pendanaan.

"Selain menyiapkan teknisnya, ada juga pendanaan. Kami sudah menyiapkan dana tidak terduga sekitar Rp 4 - 5 miliar. Tetapi kita tentu sangat berharap tidak terjadi bencana di Kobar," kata Rusdi Gozali, Jumat, 22 Januari 2021.

Dia mengungkapkan, terkait penanganan kebencanaan juga sudah ada perda yang mengatur itu. Selanjutnya, ada juga yang disebut dengan dana siap pakai (DSP).

"Kalau untuk kebencanaan, apabila dana kurang dari yang kita siapkan, maka akan kita lakukan dengan membenahi perubahan. Pemerintah daerah memang harus hadir dalam setiap bencana, untuk memberikan penanggulangan, pelayanan, serta perhatian kepada masyarakat," tegas Rusdi.

Rusdi juga menyampaikan apresiasi kepada Polres Kotawaringin Barat yang sudah menggagas kegiatan apel dilanjutkan rapat koordinasi dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam tahun 2021.

"Secara teknis, kita lihat hampir semua pihak ini juga sudah mempersiapkan dengan baik, termasuk untuk melakukan pemetaan daerah-daerah rawan bencana," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru