Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Kecamatan di Barito Timur Rawan Banjir, BPBD Barito Timur Ingatkan Masyarakat Waspada

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Januari 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Curah hujan di Kabupaten Barito Timur menunjukkan peningkatan meningkat dalam beberapa hari terakhir. Terkait itu, Kepala pelaksana BPBD Barito Timur, Riza Rahmadi mengimbau masyarakat mewaspadai bencana banjir.

"Ada 4 kecamatan yang rawan bencana banjir di Barito Timur, itu yang harus kita waspadai," ujar Riza di Tamiang Layang, Jumat, 22 Januari 2021.

Menurut data BPBD, beberapa desa yang rawan bencana banjir yakni Desa Bentot, Ramania dan Pulau Padang di Kecamatan Patangkep Tutui, Desa Tangkan dan Hayaping di Kecamatan Awang, Desa Paku Beto dan Kalamus di Kecamatan Paku, serta Desa Jihi, Ketab, dan Pinang Tunggal di Kecamatan Pematang Karau.

Riza mengingatkan agar warga yang tinggal dekat aliran sungai melakukan antisipasi dini demi mengindari timbulnya kerugian harta maupun  korban jiwa.

Dia menuturkan, meski baru di bentuk awal tahun 2021, BPBD Barito Timur akan berupaya maksimal dalam penanggulangan berbagai bencana yang berpotensi terjadi di daerah setempat. BPBD juga akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan penanganan bencana.

"Nanti kita akan bekerja sama dengan unit-unit penanggulangan bencana swadaya yang sudah ada sehingga dapat bersama dalam mengatasi bencana," jelasnya.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG Palangka Raya, hari ini curah hujan merata di seluruh wilayah Barito Timur dengan intensitas ringan yang terjadi dari sore hingga malam hari. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru