Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan: Pembangunan Kesehatan Dititikberatkan dengan Upaya Promotif dan Preventif

  • Oleh Uriutu
  • 22 Januari 2021 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyebutkan arah pembangunan kesehatan saat ini dititikberat dengan upaya promotif dan preventif.

"Upaya ini dinilai bisa memberikan dampak kesehatan luas, dan lebih efisien dari sisi ekonomi sebagai investasi utama pengembangan manusia serta pembangunan kesehatan berkelanjutan," katanya, Jumat 22 Januari 2021.

Dia mengatakan pembangunan kesehatan berkelanjutan ini mutlak diperlukan dan sebagai salah satu komponen utamanya melalui perbaikan gizi masyarakat terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan balita.

Saat ini berdasarkan data di Indonesia masih dihadapkan pada tantangan berbagai masalah gizi, yang mana prevelansinya masih tinggi sekitar 34, 4 persen.

Begitu juga angka anemia pada ibu hamil, dan obesitas pada orang dewasa. Untuk Provinsi Kalimanan Tengah lanjut dia, prevalensi stunting berada pada urutan ketiga dengan angka 34,04 persen dan Barito Selatan tercatat pada urutan ke 4 se Kalimantan Tengah dengan angka 40,19 persen.

Menurutnya masalah gizi maupun stunting terjadi hampir diseluruh strata ekonomi masyarakat, baik yang berada di pedesaan maupun di perkotaan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa yang mendasari terjadinya masalah gizi tersebut bukan hanya kemiskinan, tapi kurangnya pengetahuan masyarakat akan pola hidup sehat dan pemenuhan gizi yang optimal.

Oleh karena itu upaya intervensi gizi sensitif dan spesifik dari semua sektor terkait ini perlu terus ditingkatkan. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru