Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Germas Ceting Upaya Optimalisasi dan Intervensi Turunkan Angka Stunting di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 22 Januari 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Cegah Stunting (Germas Ceting) merupakan upaya Pemkab Barito Selatan mengoptimalisasi dan intervensi menurunkan angka stunting.

"Kita berharap dengan upaya optimalisasi dan intervensi ini, angka prevalensi stunting di Barito Selatan bisa turun memenuhi standar WHOdi bawah angka 20 persen," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, Jumat, 22 Januari 2021.

Bupati mengatakan sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 42/ 2013 tentang gerakan nasional percepatan perbaikan gizi dan Inpres Nomor 1/ 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Untuk Barsel, telah memiliki Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2019 tentang GERMAS dan Perbup Nomor 16/2019 tentang Penurunan Stunting.

Menurutnya salah satu upaya percepatan bidang sanitasi untuk mencapai target sustainable development goals dan universal access 100-0-100, masyarakat harus mendapat akses air minum 100 persen.

Demikian halnya dengan akses limbah domestik masyarakat buang air besar sembarangan, juga harus sudah 0 persen. Oleh karena itu, masyarakat harus mendapat akses sanitasi yang layak 100 persen.

Untuk mewujudkan itu semua, pihaknya melaksanakan kegiatan melalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dan Program Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Hal itu merupakan strategi kegiatan sanitasi dan air bersih di pedesaan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari 5 pilar yang mana pilar 1 yakni stop buang air besar sembarangan. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru